gunung bromo wisata tour

5 Tips Traveling Low Budget dengan Anggaran Terbatas

Tips Traveling Low Budget – Kami melihat banyak orang traveling akhir-akhir ini karena pendapatan penghasilan mereka meningkat. Teman, keluarga, dan orang asing memposting foto-foto indah dari tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi di Facebook dan Instagram. Tentu saja, bepergian bisa menjadi hal yang sangat mengasyikkan, namun memerlukan biaya untuk mengemas tas Anda dan menjelajahi dunia.

Namun uang tidak selalu menghalangi rencana perjalanan Anda. Faktanya, banyak travel enthusiasts saat ini yang berpindah dari satu negara ke negara lain dengan anggaran terbatas. Dan karena mereka sudah melakukan hal itu, ini menunjukkan bahwa Anda juga bisa mengikuti jejak mereka.

Tips Traveling Low Budget

Jadi, bagaimana sebenarnya sebaiknya Anda traveling dengan anggaran terbatas atau low budget? Berikut lima tips ahli:

1. Rencanakan Liburan ke Depan

Ini mungkin aturan utama dalam setiap petualangan traveling, yaitu perencanaan. Jika Anda ingin menjaga pengeluaran tetap rendah, penting bagi Anda untuk menyusun strategi di mana Anda dapat menggunakan jumlah uang sesedikit mungkin untuk kebutuhan Anda saat dalam perjalanan.

Perencanaan harus mencakup segalanya, mulai dari tiket pesawat, tanggal perjalanan, hingga tempat di mana Anda akan tinggal dan pembelian yang akan Anda lakukan. Anda tidak perlu makan di restoran mewah atau berbelanja di mal kelas atas selama liburan, terutama jika tujuan Anda secara keseluruhan hanyalah merasakan suasana destinasi Anda. Cobalah pasar malam atau warung makan pinggir jalan di mana makanan baru dimasak di hadapan Anda. Meskipun Anda menabung dengan keras, Anda tidak boleh jatuh sakit di tengah perjalanan. Bagian dari rencana Anda harus mencakup memiliki rencana asuransi perjalanan.

2. Cari Diskon – Tips Traveling Low Budget

Ketika Anda telah membuat rencana ke depan, maka luangkan waktu dalam mencari diskon untuk tips traveling low budget Anda. Beberapa maskapai penerbangan menawarkan potongan harga pada penerbangan mereka jika Anda memesan tiket setidaknya enam bulan sebelum hari-H liburan Anda. Diskon membantu mengurangi pengeluaran tunai yang Anda inginkan, dan Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik hanya dengan merencanakan sebelumnya.

Baca Juga:  Menyelusuri Keindahan Sejarah Gunung Bromo di Museum Tourism Information Center (TIC) Tengger
banner Tips Traveling Low Budget Agen Wisata Bromo murah

3. Carilah Tujuan Sekunder atau Alternatif

Destinasi sekunder dapat memberikan lebih banyak warna pada anggaran perjalanan Anda. Misalnya, jika Anda akan bepergian ke Thailand, Anda mungkin ingin memilih mengunjungi Chiang Mai daripada berfokus pada Phuket atau Bangkok. Pasalnya, Chiang Mai lebih murah, cuacanya lebih sejuk, dan atraksinya unik. Kunjungi kamp gajah, jelajahi gunung, dan berbelanja di pasar malam yang terkenal. Menginaplah di motel kecil, sebagian besar berlokasi strategis dengan makanan murah tersedia dengan mudah dalam jarak berjalan kaki.

Saat menelusuri destinasi alternatif, Anda mungkin ingin mempertimbangkan dua faktor:

  • Apakah ada pilihan transportasi untuk mencapai tempat tersebut?
  • Bagaimana aksesibilitas tempat tersebut ke daerah lain, apakah layak untuk dikunjungi?

Dengan mengetahui rute dan pilihan transportasi, Anda akan memperoleh manfaat lebih dari penghematan liburan Anda. Belum lagi masih banyak lagi foto pemandangan unik yang bisa Anda pamerkan di media sosial.

4. Hotel vs Homestay vs Rumah Teman

Memesan hotel dengan potongan harga yang tinggi bisa jadi sulit, terutama bila Anda bepergian selama musim puncak liburan. Jika Anda harus bepergian saat peak season, Anda memang harus mencari alternatif yang lebih murah.

Beberapa homestay yang menawarkan bed and breakfast untuk backpacker biasanya merupakan pilihan pertama. Jika Anda memiliki teman yang dapat mengakomodasi penginapan selama beberapa malam, Anda bisa menginap di sana.

Sebuah homestay bisa menjadi rencana B daripada hotel, karena tidak hanya lebih murah tetapi juga memberi Anda gambaran bagaimana rasanya hidup sebagai penduduk lokal di tempat yang Anda kunjungi.

5. Asuransi Perjalanan yang Aman

Jangan menganggap asuransi perjalanan sebagai biaya tambahan, tetapi anggaplah itu sebagai investasi. Tips traveling ini dapat menghemat biaya besar di kemudian hari karena Anda dapat menggunakannya dalam situasi darurat. Dengan berasuransi, Anda menghemat biaya tagihan medis atau bagasi yang hilang. Pikirkan untuk menggunakan jumlah tabungan untuk investasi sehingga Anda dapat menghasilkan uang untuk membayar liburan Anda berikutnya!

Baca Juga:  Cara Membuat Iklan Wisata Agar Laku, Panduan Terperinci untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Minat Pengunjung
Artikel Terkait

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *