puncak gunung penanjakan 2

5 Tips Solo Traveling Pemula Agar Tetap Aman di Perjalanan

Tips Solo Traveling – Orang-orang traveling sendirian karena berbagai alasan. Ada yang suka mengambil kendali penuh atas rencana perjalanannya, ada yang suka menikmati ‘me time’, ada pula yang melakukannya hanya karena jadwalnya tidak sesuai dengan teman atau orang yang dicintainya. Bagaimanapun, solo traveling adalah pengalaman tersendiri. Namun, solo traveling memiliki risiko yang cukup besar.

Tips Solo Traveling Selalu Aman

Penelitian dan persiapan membantu Anda membangun kepercayaan diri saat menjalani petualangan baru. Berikut beberapa tips untuk pria dan wanita yang merencanakan solo traveling.

1. Pilih Tujuan Pertama Anda dengan Hati-Hati

Solo traveling bukanlah hal yang tabu. Pria dan wanita melakukan ini, baik untuk bekerja atau bersantai. Saat ini, sudah menjadi hal yang lumrah jika guest house dan hotel memiliki paket khusus untuk solo backpacker. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih destinasi solo backpacker yang ramah. Ditambah lagi, pergi ke tempat yang lebih nyaman bagi solo backpacker juga akan membantu Anda menghemat banyak dalam hal akomodasi dan tur.

2. Jadilah Cerdas di Jalanan

Jadilah mandiri untuk alasan yang paling jelas. Sediakan nomor telepon darurat penting dan unduh aplikasi perjalanan yang berguna sebelum berangkat. Jangan simpan uang tunai Anda hanya di satu tempat. Jika terjadi kesalahan, seperti dompet dicuri atau ketinggalan pesawat, Anda seharusnya dapat segera menyelesaikan masalah tersebut dan mendapatkan solusi cadangan. Manfaatkan situasi yang menantang ini untuk menjadi lebih waspada, banyak akal, dan percaya diri.

Tips Solo Traveling Agen Wisata Bromo

3. Serahkan Informasi Kontak Anda Kepada Seseorang yang Anda Percayai di Rumah

Bahkan jika Anda telah memilih tempat teraman di dunia untuk memulai perjalanan backpacking Anda, yang terbaik adalah memastikan bahwa keluarga Anda tahu ke mana tujuan Anda dan bagaimana cara menghubungi Anda. Memberi mereka informasi seperti rincian penerbangan atau nama hotel adalah tindakan pencegahan keselamatan yang paling mendasar. Ini juga akan memberikan ketenangan pikiran kepada orang yang Anda cintai jika mereka ingin menghubungi Anda untuk mengetahui kabar Anda.

Baca Juga:  Gunung Bromo: Obyek Wisata Paling Terkenal Di Jawa Timur

4. Tips Solo Traveling – Mulailah Percakapan

Solo traveling memberi Anda banyak kesempatan untuk bertemu dan bersosialisasi dengan penduduk lokal dan wisatawan lainnya. Jangan takut untuk memulai percakapan dan mengajukan pertanyaan terbuka. Bersedialah untuk berbagi satu atau dua cerita tentang diri Anda. Anda akan terkejut betapa upaya tersebut akan memberi Anda teman baru hanya dalam beberapa menit.

5. Tenangkan Diri Anda Sendiri

Jangan terlalu ambisius di awal perjalanan Anda. Wajar jika Anda melakukan kesalahan. Anda bisa memesan kamar saat malam pertama di hotel dekat bandara jika ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Jika Anda menghadapi banyak kesulitan yang membuat Anda berpikir solo traveling tidak berhasil, berhentilah sejenak dan lakukan sesuatu yang akan membuat Anda merasa lebih baik. Tonton film atau kunjungi restoran populer di area tersebut. Aktivitas ini akan meningkatkan suasana hati Anda dan selanjutnya Anda tahu, Anda akan siap untuk melakukan lebih banyak petualangan.

Artikel Terkait

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *