Keseruan Arung Jeram Sungai Pekalen Probolinggo

Serunya Arung Jeram Di Sungai Pekalen Probolinggo

Dalam postingan kali ini kami Pakettourbromomurah.com akan memberikan penjelasan dan review mengenai Keseruan dan keindahan di sisi Timur Kabupaten Probolinggo yang tidak kalah menarik dengan Wisata Gunung Bromo. Yups, tepatnya di sungai pekalen.

Sungai Pekalen sendiri adalah sebuah sungai yang dijadikan tempat berolah raga Arung jeram oleh wisatawan lokal maupun Mancanegara. Sungai Pekalen terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Probolinggo – Jawa Timur. Desa itu bernama Ranu Gedang, karena ada banyak pohon pisang dalam bahasa Jawa yang disebut gedhang. Di Sungai ini jika kita berarung jeram, akan terlihat pemandangan Air terjun dan pepohonan yang eksotis.

Keindahan “Sungai Songa Pekalen Probolinggo“ ini menurut cerita rakyat Majapahit Raja Hayam Wuruk dan Gajah Mada Maha, keduanya terpesona oleh keindahan alam Probolinggo dan berlama-lama di tempat itu (sungai Pekalen ). Kemungkinan nama ‘Probolinggo’ berasal dari kata ‘prabu linggih’ yang kemudian berubah pengucapan yang mengatakan ‘Probolinggo’.

Kegiatan Olah raga rafting sudah menjadi popularitas di negara Indonesia sejak tahun 1990, dikarenakan sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh para ahli atau pecinta alam saja, sehingga menimbulkan kesan bahwa berarung jeram hanya bisa dilakukan oleh orang ahli dan berpengalaman. Dan pada dasarnya OlahRaga ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan ketentuan persyaratan keselamatan.

Arung Jeram di Sungai Pekalen

Letak Lokasi Sungai Pakelen Probolinggo ( Songa Rafting )

Jarak Sungai Pekalen adalah 25 km dari Kota Probolinggo, Lokasi Rafting Sungai Pekalen tepatnya berada di tiga kabupaten yaitu kabupaten Tiris, Maron, dan Gading. Sungai arung jeram berjarak 29 km dan dibagi menjadi 3 daerah. Mata air berasal dari sungai gunung Pekalen Argopuro dan Gunung Lamongan, dengan lebar sungai antara 5-20 meter, memiliki tingkat kelas 2 – 3+ serta kedalaman air sekitar 1-3 meter. Jarak jeram menyusuri sungai Pekalen adalah 10 km, mulai dari titik start ke titik finish dan 12 km untuk jalur arung jeram Pekalen Atas dengan jumlah sekitar 50 buah.

Baca Juga:  Menyegarkan Diri dan Menguatkan Tim Melalui Wisata Outbound Bromo

Nah, anda tertarik dengan keindahan yang ditawarkan di Sungai Pekalen ini bukan? Yuk buruan daftar berarung jeram melalui paket yang telah kami sediakan.

Artikel Terkait

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *