Telah diBuka Status Gunung Bromo Kembali Normal

Telah dibuka status Gunung Bromo Kembali Normal – ejeksi dari material vulkanik dari Gunung Bromo di Jawa Timur telah mengganggu penerbangan antara ibukota Jawa Timur (Kota Surabaya dan Jember, di kota Jawa Timur)
“Pada 07:30, kami menerima informasi dari pihak berwenang di bandara Juanda di Surabaya yang material vulkanik dari Gunung Bromo menuju ke bandara Notohadinegoro di Jember,” kata General Manager Syamsul Adnan Jember Garuda Indonesia di Jember, Kamis seperti dilansir kompas. com.
Syamsul mengatakan bahwa setelah menerima informasi, katanya Juanda untuk mengeluarkan pemberitahuan (Notam).
“Setelah publikasi pemberitahuan, kami berhentikan semua penerbangan,” kata Syamsul, menambahkan bahwa material vulkanik bisa membahayakan penerbangan itu.
Status Gunung Bromo terbaru, terletak di perbatasan Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang di Jawa Timur, telah dibangkitkan dari 2 ke Siaga Alert 3, mengakibatkan penutupan situs perjalanan pada awal bulan ini.
Mt. Bromo memiliki siklus lima tahun dalam sebuah letusan yang berlangsung selama berbulan-bulan, kata bromo Vulkanologi dan kepala Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Subhan Ahmad baru-baru ini.
Ahmad mengatakan Letusan Gunung Bromo saat ini didominasi oleh gempa dan kemungkinan gempa bumi besar jauh.
Tremor telah berlangsung selama sekitar dua bulan, dan letusan diperkirakan akan terus berlanjut. (BBN)

Status Gunung Bromo Terbaru Telah kembali Normal

Malang (ANTARA News) – dan Saat ini Objek wisata Gunung Bromo dibuka kembali untuk umum setelah ditutup selama lima bulan karena ada peningkatan aktivitas vulkanik.
Kepala Tengger Administrasi Nasional Bromo Semeru (TNBTS), Suwasto, di Malang, Jawa Timur, Selasa, mengatakan, pembukaan kembali kawasan wisata Bromo untuk kunjungan wisatawan, dilakukan pada hari Rabu (30/3).
“Pembukaan kawasan wisata Bromo telah dipertimbangkan secara matang, dan ada tiga hal yang menjadi pertimbangan kami membuka kembali kawasan wisata,” katanya.
Tiga hal yang menjadi pertimbangan pengurangan aktivitas letusan setelah lontaran material vulkanik tidak sesering saat letusan awal.
Selain itu, banyak orang di sekitar Bromo yang kehilangan mata pencaharian mereka sebagai penyedia layanan wisata sejak ditutup dan kawasan wisata yang terkait dengan program “Visit Jawa Timur pada tahun 2011″, yang membuat Gunung Bromo di Jawa Timur sebagai ikon pariwisata.
Gunung Bromo telah ditetapkan sebagai ikon Visit East Java` 2011`. Jadi, dalam rangka untuk menarik wisatawan, kawasan letusan wisata Bromo harus dibuka kembali,” katanya.
Sementara itu, meskipun ada telah diungkapkan secara terbuka, para wisatawan masih dilarang mendekati kawah hingga radius dua kilometer. TNBTS telah memasang tanda peringatan di beberapa titik jarak yang aman.
“Kami telah memasang tanda-tanda peringatan dan petugas untuk mengawasi wisatawan yang melanggar jarak aman,” katanya.
Sampai saat gunung berapi terletak di perbatasan Probolinggo, Pasuruan, Malang, Jember dan kewaspadaan (level III). Masih abu tipis berlangsung yang menyebabkan tiga desa, yaitu Ngadisari, Ngadirejo, dan Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Probolinggo.
Berdasarkan visual yang petugas pengamatan Gunung Api Pemantauan Post (PPGA) Cemorolawang Bromo di Dusun, Desa Ngadisari, Minggu (27/3) pukul 00.00 sampai 06:00 kawah terlihat asap tebal berwarna abu-abu dengan moderat untuk ketinggian tekanan yang kuat dari 400-800 meteran.
Dalam periode status gunung bromo ini telah terjadi gempa tremor secara terus menerus dengan amplitudo maksimum 1-25 mm, enam kali letusan dengan amplitudo 30-40 mm untuk 17-32 detik, dan lava juga diamati di bibir kawah disertai oleh gemuruh suara lemah sampai sedang.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan masker yang menutupi hidung dan mata.
Selain itu, atap yang terkena abu vulkanik tebal, sehingga dapat dibersihkan untuk mencegah runtuhnya atap karena beban berat. Orang juga harus mewaspadai jatuhnya pohon di bawah berat abu yang dapat memicu tanah longsor, sehingga akan mengancam pemukiman manusia dan jalan jalur.
Untuk orang-orang yang terganggu oleh abu, terutama anak-anak dan orang-orang rentan lainnya mengungsi ke abu mereda. (*)

jadi jika anda ingin berwisata ke gunung bromo, tidak ada salahnya anda bisa mencoba paket wisata gunung bromo yang kami tawarkan dibeberapa posting