Gunung Raung Meletus Disertai Gempa Tremor

Gunung Raung Meletus Disertai Gempa Tremor – Tentu anda sudah tahu Dimanakah letak Gunung Raung yang saat ini sedang erupsi, Gunung Yang terletak diantara Kota Bondowoso, Banyuwangi dan jember ini yang bisa kita lihat dari Puncak Kawah Ijen Saat berkunjung ke Wisata kawah Ijen, dari puncak Ijen Gunung Raung sangat indah dan mempesona, namun akhir- akhir ini, ada berita hangat yang muncul karena Gunung Raung sedang erupsi dengan hebatnya, Debu Vulkanik yang bertebaran keangkasa mencapai ketimur Pulau dewata bali dan hingga ke barat di kota surabaya

dikutip dari TRIBUNNEWS.COM

Letusan Gunung Raung Jawa Timur

Tremor kekuatan Gempa Gunung Raung terus meningkat. Rabu (2015/07/01), mencatat amplitudo gempa tremor mencapai 23 milimeter.

” pagi ini sekitar 10:00 terdengar berdurasi 2 sampai 3 menit. Juga turun abu tipis,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Raung di Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Balok Suryadi rapat koordinasi di sela-sela Bencana Daerah Badan Pengelola (BPBD) Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Banyuwangi, Rabu (2015/07/01).

Abu tipis yang sempat mengarah ke kota Banyuwangi, namun tidak mengganggu aktivitas warga. Abu tipis juga bisa menyebabkan Jember (barat) dan Bondowoso (utara).

Balok menambahkan, jenis letusan Gunung Raung adalah strombolian (erupsi tingkat rendah), yang membentuk letusan seperti kembang api dengan tremor terus menerus dan lama.

“Tapi karena kaldera besar Gunung Raung sampai letusan tidak dibuang tetapi jatuh kembali ke dalam kaldera,” tambahnya.

Meski begitu, masih menyarankan warga untuk tidak mendaki Gunung Raung hingga radius 3 km dari puncak gunung.

Sementara itu, Chief Executive dari Provinsi Jawa Timur BPBD Sudarmawan mengatakan rapat koordinasi yang melibatkan tiga BPBD, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, untuk memperkuat konsolidasi.

“Tiga kabupaten, Banyuwangi, Jember dan Bondowoso saya lihat adalah siap menghadapi letusan Gunung Raung. Setiap kabupaten memiliki menyesuaikan dan memperbarui rencana kontijensinya (darurat) Konsolidasi dari tiga kabupaten juga sudah dibangun sehingga memudahkan penanganan.,” menjelaskan Sudarmawan.

Sejak Senin (2015/06/29) Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status meraung (3332 mdpl) naik dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III). meskipun gunung raung meletus tidak berdampak negatif kepada gunung-gunung disekitarnya, seperti Kawah Ijen, Wisata Gunung Bromo, Dsb