Benarkah Air Terjun Madakaripura Petilasan Gajah Mada ?

Benarkah Air Terjun Madakaripura & Petilasan Gajah Mada ?- Menurut cerita rakyat Patih Gajah Mada konon pernah bersemedi di obyek wisata di Probolinggo, yakni Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang ada di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang ini dapat ditempuh dengan berkendara 1 jam perjalanan dari kota Probolinggo. untuk obyek wisata ini sangat pas bagi penghoby fotografi tentunya bisa menikmati keindahannya yang seakan tidak ada pernah selesai ngejebret pemandangan air tejun ini,  Tiap-tiap sisi dari obyek wisata Air terjen madakaripura mempunyai daya tarik serta pesona yang berbeda-beda. Obyek wisata ini sangat sulit dijangkau lantaran minimnya angkutan umum menuju tempat wisata Air Terjun Madakaripura, Terkecuali memakai mobil pribadi anda, atau sewa mobil ke bromo dan wisata air terjun madakaripura dalam satu paket liburan ke daerah taman nasional Gunung bromo, atau jika anda turun di terminal bayuangga Probolingo anda bisa menggunakan jasa ojek sebagai alternatif terakhir untuk harga yang lebih murah tentunya, untuk memakai layanan ojek ini yaitu Rp 100. 000, tetapi tentu anda bernegosiasi terlebih dahulu dengan tukang ojek yang akan anda sewa. Apabila anda naik kendaraan pribadi terutama mobil, berhati-hatilah dengan daerah perbukitan karena selama perjalanan akan ada banyak jurang serta lembah yang cukup dalam. Terlebih apabila mesti menyimpang dari arah berlawanan. Diluar itu semakin anda masuk mendekati tempat wisata air tejun madakaripura jalanan akan semakin sempit. kelebihan wisata ini anda diSepanjang perjalanan banyak menjumpai panorama perbukitan dengan pohon-pohon yang hijau yang didominasi oleh pohon randu. dan Tempat ini juga adalah pusat penghasil madu ’”Klanceng” (madu yang datang dari pohon randu) janganlah heran jika anda kerap kali melihat kotak kayu yang diisi banyak lebah. Madu “Klanceng” untuk harga madu ini di jual seharga Rp 80. 000, – per botol (ukuran standard botol sirup). Sesudah tiba di pintu gerbang masuk tempat Air Terjun Madakaripura anda akan langsung melihat Patung sosok Patih Gajah Mada yang tengah menghunus Keris. dan untuk memasuki taman wisata ini anda harus membeli tiket terebih dahulu seharga Rp 2. 500 per orang. harga ticket masuk air terjun madakaripura ini termasuk murah, tetapi untuk biaya parkir cukuplah sekitar Rp3. 000 per motor. Sesudah memarkir kendaraan, anda akan didatangi oleh sebagian pemuda yang tawarkan diri menjadi guide (pemandu jalan) menuju ke air terjun Madakaripura. Umumnya mereka mangkal di dekat patung sosok Patih Gajah Mada dalam posisi semedi atau tempat parkir. jika anda menggunakan jasa guide wisata ada baiknya jika anda bertanya dengan pasti berapakah tarifnya serta bernegosiasilah dengan mereka. tarif yang mereka tawarkan biasanya sekitar Rp 100. 000.

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripuratumblr_lkxt1bTKoN1qjwko4o1_500

img_0108

Tips Wisata Air Terjun MadaKaripura

1. Bawalah Pakaian serta alas kaki yang nyaman.
Untuk kenyamanan serta keamanan dalam melewati sungai, ada baiknya jika anda membawa pakaian yang nyaman seperti celana pendek serta T-shirt. Diluar itu pakai alas kaki, seperti sandal jepit atau sandal anti slip yang lain. Tetapi apabila anda terlanjur memakai alas kaki yang tidak nyaman, di daerah tempat air terjun ada penjual sandal jepit dengan bandrol harga Rp 15 – 20 ribu.

2. Sesudah memarkirkan kendaraan bermotor anda, baiknya katakan pada tukang parkirnya agar tak perlu membersihkan motor. Disini tukang parkir bakal membersihkan motor anda tanpa ada kesepakatan terlebih dulu, serta menarik biayanya pada saat anda pulang. Cost yang ditarik dalam pencucian ini yaitu suka-rela.

3. Bawalah kantong plastik yang cukup.
Namanya juga ke air terjun, pasti yang ada hanya basah-basahan. Jadi bawalah kantong kresek dari rumah untuk menghemat cost. Diluar itu bawalah jas hujan, apabila anda tidak ingin untuk berbasah ria. Lantaran di tempat air terjun ini, ditanggung anda bakal basah kuyup.

4. Apabila ada masyarakat yang tawarkan diri menjadi pemandu, baiknya tetapkan biaya layanan itu. Umumnya pemandu bakal tawarkan layanan dengan biaya suka-rela, tetapi sebaiknya anda kami sarankan membuat kesepakatan terlebih dulu agar tak menyesal dikemudian.

5. Janganlah bertandang ke air terjun ini pada saat hujan lantaran daerah ini riskan longsor. Jadi apabila tampak cuaca tidak bersahabat, selekasnya tinggalkan tempat untuk keselamatan anda.

itulah penjelasan mengenai Wisata Air Terjun Madakaripura dan Petilasan Patih Gajah mada, jika anda berminat kami akan memberikan penawaran paket wisata bromo dan wisata air terjun madakaripura, tentunya akan mudah dalam kunjungan wisata ke Bromo dan Air terjun dan berikut paket tour Bromo 2Hari 1 Malam